Bergerak - Beramal soleh - Petik hasilnya

.

Kamis, 18 Juni 2015

Menutup aurat BUKAN Membungkus aurat

 




 Aurat (Arab: عورة) adalah bagian dari tubuh manusia yang wajib ditutupi dari pandangan orang lain dengan pakaian. Menampakkan aurat bagi umat Islam dianggap melanggar syariat dan dihukumi sebagai sebuah dosa. Dalam Islam, aurat bagi wanita adalah seluruh tubuhnya, kecuali kedua telapak tangan dan muka, sedangkan untuk pria adalah antara pusar hingga lutut, artinya pusar dan lutut sendiri bukanlah aurat.

Akan tetapi saat ini banyak para wanita yang salah mengartikan perintah Allah ini, contohnya saja banyak para wanita yang memakai pakaian yang hanya membungkus/membalut auratnya saja bukan menutupnya. Padahal perintah Allah sudah jelas sekali  bahwasannya kita di seru untuk menutup aurat bukan membungkus aurat, Allah SWT berfirman :

“Hendaklah mereka MENGULURKAN jilbabnya ke SELURUH TUBUH MEREKA”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah utk dikenal, karena itu mereka tak di ganggu. & Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

"Katakanlah kepada wanita yang beriman :Hendaklah mereka menahan pandangannya dan kemaluannya. Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka MENUTUPKAN kain kerudung kedadanya......." (An-Nur:31).

Dalam firman Allah diatas sudah cukup jelas, Allah memerintahkan para kaum hawa untuk menutup auratnya BUKAN membungkusnya. Ada sebuah pertanyaan dari seorang teman saya, "Apa bedanya MENUTUP aurat dengan MEMBUNGKUS aurat, yang pentingkan auratnya sudah ditutupi dengan pakaiaan ?"
Memang sekilas membungkus aurat pun sudah bisa menutupi auratnya dari pandangan orang lain, akan tetapi kita perhatikan baik-baik kedua ayat diatas yang redaksinya saya sengaja tebalkan agar bisa lebih jelas apa perintah Allah yang sebenarnya. kita perhatikan perbedaan menutup aurat dengan membungkus aurat :
Menutup aurat adalah menutupi semua anggota tubuh (aurat) dengan menggunakan pakaiaan yang longgar, lebar, tidak tipis, bukan jenis kain yang jatuh dan yang paling penting tidak memperlihatkan lekuk tubuhnya (ngejeplak).akan tetapi kebanyakan wanita meski berkerudung namun bajunya hanya membungkus auratnya, bajunya sempit, ketat, atau bahan kainnya jatuh sehingga lekuk tubuhnya kelihatan jelas dan menggoda para kaum adam. Semua bentuk tubuhnya kelihatan mulai dari tangan, dada, perut, pan..t(maaf), sampai bentuk kakinya. Hal ini masih tidak sesuai dengan syariat dan masih menimbulkan fitnah bagi yang memandang, sehingga fungsi dan tujuan jilbabnya tidak tercapai.
Oleh karena itu mari kita bersama-sama untuk mencoba memperbaiki diri kita agar sesuai dengan syariat Islam yang sesungguhnya, jika bukan sesama umat muslim yang mengingatkan kita lalu siapa lagi.

1 komentar :